Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Ayah Bunda Calon Wali Santri IBS. Kabar gembira akan segera di buka
Penerimaan Santri Baru Al-Ihsan Boarding School Riau Tahun Ajaran 2016-2017.
Apa yang harus dipersiapkan :
- Pas foto warna terbaru ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6 cm masing-masing 2 lembar (bagi perempuan memakai jilbab) dan CD foto
- Fotokopi KTP Ayah Bunda 2 lembar
- Fotokopi Kartu Keluarga 2 lembar (menunjukkan yang asli).
- Fotokopi Akte Kelahiran 2 lembar (menunjukkan yang asli).
- Fotokopi Rapor SD/MI kelas V dan VI 2 rangkap dilegalisir (bagi calon santri baru SMPIT).
- Fotokopi Rapor SMPIT/MTs kelas VIII dan IX 2 rangkap dilegalisir (bagi calon santri baru MA).
- Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
- Fotokopi Ijazah dan SKHUN 2 rangkap yang dilegalisir (boleh menyusul)
Informasi lebih lanjut
1. Ust. Jauhari : 0813 6524 4832
2. Ust. Usman : 0853 5683 3852
Pondok Pesantren Ihsan Boarding School (IBS) Riau merupakan pendidikan berasrama
terpadu dan berkesinambungan yang menyelenggarakan pendidikan SMP Islam Terpadu
dan Madrasah Aliyah. Berlokasi di Jl. Pesantren RT. 03 RW. 04 Desa Kubang Jaya
Kec. Siak Hulu Kab. Kampar Propinsi Riau dengan luas lahan 5,5 Ha dan insya
Allah akan terus berkembang.
IBS Riau di bawah naungan Yayasan Wakaf Al-Ihsan Riau dengan motto ihsan
FIKRI – ihsan BUDI – ihsan HATI terus berupaya dan berkomitmen melahirkan
kader-kader penerus cita-cita bangsa yang memiliki integritas keilmuan,
kepribadian, dan eksis dalam berbagai sektor kehidupan.
Visi IBS :
Terwujudnya Boarding School Unggulan di Bumi Melayu tahun 2020
Misi IBS :
- Mengenal dan mengembangkan potensi intelektual, emosional, sosial dan spiritual siswa.
- Mencetak kader-kader Muttaqin yang ikhlas dan istiqomah dalam mengemban tugas pendidikan dan pembinaan umat.
- Menjadi mitra andalan bagi lembaga/institusi lain yang mempunyai kepeduliaan yang sama terhadap dunia pendidikan dan dakwah.
Tujuan Pendidikan
- Terciptanya sistem pendidikan terpadu dan menjadi model bagi dunia pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Mempersiapkan generasi muda sebagai basis masyarakat yang mampu mengaktualisasikan Islam dalam berbagai aspek kehidupan.
- Tercapainya tujuan khusus pendidikan yang terukur, yang diwujudkan dalam sepuluh (10) karakter siswa IBS.
10 KARAKTER SANTRI IBS
- Berakidah yang bersih (salimul aqidah)
- Ibadah yang benar (shohihul ibadah)
- Pribadi yang matang (matinul khuluq)
- Mandiri (qodirun alal kasbi)
- Cerdas dan berpengetahuan (mutsaqqoful Fikri)
- Sehat dan kuat (Qowiyyul Jismi)
- Bersungguh-sungguh dan disiplin (mujahidun linafsihi)
- Tertib dan cermat (munazhomun fi su’unihi)
- Efisien (harisun ala waqtihi)
- Bermanfa’at (nafi’un lighairihi)
Kebijakan Mutu
Dijabarkan dalam dimensi kualitas sebagai berikut :
Tangible : Performance/secara kasat mata :
Suasana belajar yang menyatu dalam kenyamanan alam yang asri
Emphaty: Ciri utama, ramah dan menyenangkan :
Perilaku yang sesuai dengan tuntunan Islam; murah senyum, ramah/humble
Reliability/Keandalan : Ciri – Ciri
Profesional : Memiliki tenaga guru/karyawan muslim yang berkepribadian
da’i dan berdedikasi tinggi; menjadi contoh/teladan bagi orang sekitar,
memiliki mental pekerja keras.
Responsibility/Tanggap : Cepat tanggap dan
tepat : Menangani setiap permasalahan secara cepat, tepat dan tuntas.
Assurance/jaminan. Memberi jaminan
kelulusan berupa :
- Sadar Sholat dan Ibadah
- Hafal Al-Qur’an 30 Juz dan 100 Hadist Pilihan Untuk Program Tahfidz dan Hal Al-Qur’an Minimal 10 juz Alqur’an dan 40 hadits pilihan untuk Program Reguler.
- Menjadi kader muttaqin
- Memiliki Life skill
- Memiliki basic skill
- Tuntas akademis
- Memiliki daya saing
KURIKULUM & KBM IBS
Kurikulum dan Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) di IBS mengacu pada kurikulum Nasional yang berlaku
(Diknas-Depag), diperkaya dengan kurikulum khas IBS. Atau disebut dengan Integrated
Holistic Education System (IHES).
Kegiatan Belajar Mengajar diselenggarakan
dengan sistem boarding. Prinsip keterpaduan dalam berbagai aspeknya menjadi
acuan dalam perancangan program sekolah yang digulirkan.
Pengelolaaan KBM dilakukan dengan memadukan
metoda mengajar yang variatif dan mengacu pada ketercapaian kompetensi yang
direncanakan.